Monday, November 24, 2008

Resep Lulus CPNS dan Soal Sebelumnya

Ujian CPNS semakin dekat dengan hitungan hari, sudah siapkah kamu menghadapinya? Tentu kamu semua mengharapkan bisa lulus dan diterima menjadi PNS, untuk itu kali ini kami akan menyampaikan beberapa resep dalam menghadapi ujian CPNS, sebagaimana kami kutip dari padangkini.com

Optimis
Sikap optimis penting untuk meraih sesuatu. Optimis untuk bisa lulus dan diterima sebagai PNS di tempat yang Kamu tuju, sangat penting sebagai persiapan awal. Kamu optimis? Ayo, persiapkan diri menghadapi tes tertulis.

Banyak Membaca
Orang yang banyak membaca dan menyerap informasi dari berbagai media massa akan banyak mengetahui perkembangan informasi terkini. Jika Kamu melamar pekerjaan sebagai PNS berarti Kamu akan menjadi pegawai pemerintah alias abdi negara, maka banyaklah membaca soal yang berkaitan dengan perkembangan pemerintahan dan apa yang sedang dilakukan pemerintahan saat ini.

Di mana informasi terbaru bisa Kamu baca? Tentu saja di media pers seperti koran, majalah berita, portal berita, televisi, dan radio. Kamu juga bisa menambah bacaan dengan mengunjungi situs-situs yang berkaitan dengan pemerintahan dan bidang kerja yang Kamu lamar.

Kenali Karakter Soal
Soal tes tertulis terdiri dari Pengetahuan Umum (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan Undang-Undang), Tes Bakat Skolastik, dan Skala Kematangan. Kenali karakter soal. Sebagai panduan, tahun lalu masing-masing bidang soalnya meliputi hal-hal sebagai berikut.

  • Bahasa Indonesia menyangkut tentang persamaan kata, lawan kata, dan tata bahasa.
  • Bahasa Inggris tentang tensis dan memahami wacana.
  • Sejarah mengenai sejarah kemerdekaan, tokoh-tokoh nasional, dan perannya dalam sejarah bangsa Indonesia.
  • Undang-Undang tentang ketatanegaraan, UUD 1945 dan perubahannya, serta dampaknya terhadap ketatanegaraan RI.
  • Sedangkan Tes Bakat Skolastik adalah pemahaman terhadap pola, angka, deret, bentuk, gambar (seperti soal-soal untuk tes IQ).
  • Skala Kematangan adalah bagaimana menempatkan diri dalam sebuah situasi (hal-hal yang bersifat normatif). Ujian menyangkut bagaimana sikap Kamu jika berada dalam situasi tertentu. Menjawab soal seperti ini yang harus diingat adalah sikap seperti apa yang diharapkan Pemerintah terhadap Kamu untuk melakukan perubahan di negeri ini.

Pelajari Soal Tahun Lalu
Untuk lebih detil lebih baik Kamu mempelajari soal-soal tahun lalu. Soal yang sama tentu saja tidak akan masuk untuk soal tahun ini. Namun kenali soal-soalnya tentang apa saja. Ini bisa jadi pegangan untuk mempelajari kalau dalam buku sekolah disebut bab itu.

Berdoa
Kunci terakhir sebagai orang beriman adalah berdoa. Jangan lupa berdoa agar perjuangan Kamu dikabulkan Allah Swt.

Setelah membaca kiat-kiat tersebut diatas, selanjutnya sahabat Livi sekalian akan kami berikan contoh soal-soal tes CPNS untuk periode tahun lalu yang kami ambil dari berbagai sumber (sumber banyak telah memberikan soal ini), semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan dalam mempersiapkan tes CPNS yang akan datang.

Download disini :

  1. Undang-Undang Ketatanegaraan
  2. Pengetahuan Umum
  3. TOEFL
  4. Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia 2
  5. Bahasa Inggris
  6. Falsafah Idiologi dan Falsafah Ideologi 2
  7. Sejarah Nasional Tata Negara dan Tata Negara 2
  8. Soal PEMKAB
  9. Pengetahuan Umum
  10. Bakat Skolastik

Semoga Sukses Ya ! www.alifiarahmany.blogspot.com


Artikel Terkait



1 comments:

Lyla said...

sippp mantap infonya mbak :) nice post

Post a Comment