Monday, February 23, 2009

Menggunakan Widget Top Posts

Seri tutorial blog kali ini akan membahas mengenai widget Top Posts, banyak sekali istilah lain dari top posts ini, contohnya seperti : Popular Posts, Top Articles, Popular Articles, Artikel Terbaik, Artikel Terpopuler, Hot Posts dan kami sendiri pun menggunakan widget ini dengan judul widget “Artikel Patut Dibaca”.

Fungsi widget Top Posts sendiri adalah untuk menunjukkan tingkat kepopuleran artikel yang pernah kita posting pada Blog, biasanya kepopuleran artikel-artikel (postingan) ini dinilai dari jumlah klik atau banyaknya komentar yang diberikan pada artikel tersebut. Tujuannya tentu sangat jelas, yakni agar pembaca yang masuk ke Blog kita, baik melalui search engine, shoutbox maupun langsung alamat url blog kita, akan mendapatkan promo artikel terbaik kita, sehingga pembaca dengan nyaman diberi kesempatan untuk membaca artikel yang paling sering mendapat respons.

Secara default blog dengan platform Wordpress sudah memiliki widget Top Posts yang bisa langsung digunakan namun tidak demikian apabila kamu menggunakan Blogger/Blogspot. Meskipun demikian, Top Posts juga bisa ditampilkan di Blogspot, yakni dengan menggunakan widget Popular Posts yang dibuat dengan menggunakan bantuan Yahoo Pipes oleh pihak ketiga.

Adapun cara kerja widget Popular Posts ini yaitu dengan menilai kepopuleran suatu artikel berdasarkan jumlah komentar, semakin banyak komentar yang masuk, maka semakin populerlah artikel tersebut atau dengan kata lain artikel-artikel yang telah kamu buat akan membuat suatu peringkat dengan urutan teratas adalah artikel yang terbanyak mendapat respon komentar.

Untuk cara menampilkannya sangat mudah, ikuti langkah berikut:

1. Login dengan id kamu

2. Klik menu Layout

3. Klik Page Element

4. Klik Add a Page Element

5. Klik tombol Add to Blog yang berada di bawah tulisan HTML/JavaScript

6. Pada form title, tulis namanya dengan Popular Post (mengenai istilah ini telah dibahas diatas dan bisa diganti sesuai keinginan kamu)

7. Copy paste kode HTML dibawah ini ke dalam form Content:

<script type="text/javascript">

function pipeCallback(obj) {

document.write('<ul style="text-transform: capitalize;">');

var i;

for (i = 0; i < obj.count ; i++)

{

var href = "'" + obj.value.items[i].link + "'";

var item = "<li>" + "<a href=" + href + ">" + obj.value.items[i].title + "</a> </li>";

document.write(item);

}

document.write('</ul>');

}

</script>

<script src="http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_render=json&_callback=pipeCallback&_id=ff855e4f4d4a10fde1c2eb32074f99cd&url=http%3A%2F%2FNamaBlogKamu.blogspot.com&num=10" type="text/javascript">

</script>

8. Klik tombol Save Changes

9. Drag & Drop element yang telah anda buat tadi di tempat yang di sukai

10. Tekan tombol Save, Selesai.

Catatan: Jangan lupa untuk mengganti yang berwarna merah seperti : namablog.blogspot.com dengan URL blog kamu dan kode num=10 adalah jumlah maksimal Popular Posts yang ingin ditampilkan.


Untuk melihat contoh widgetnya silahkan kamu lihat pada kotak dibawah blog ini dengan tulisan “Artikel Patut Dibaca”

Selamat mencoba – www.alifiarahmany.blogspot.com

Artikel Terkait



2 comments:

KaVi_BorLaNd said...

tenkyu scriptnya..

Torokossik said...

Linknya sudah ku pasang.
thx ya..

Post a Comment