Thursday, October 30, 2008

Pilih Merawat atau Jerawat

Kamu tentu kenal dengan jerawat? bintik merah pada wajah dan jika sudah mengering meninggalkan noda hitam, kehadirannya tentu tidak diharapkan, sangat mengganggu aktifitas kita sebab dibeberapa kasus jerawat itu bisa bikin perih dan gatal pada wajah, oleh karena itu tak jarang hal ini akan berdampak pada rasa pede kamu, minder dan enggan bergaul

Sebagaimana yang dikutip dalam situs Wikipedia, Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Adapun daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.

Penyebab jerawat
Kamu tentu ingin tahu kenapa seseorang bisa jerawatan sedangkan yang lainnya tidak, masih mengutip dalam wikipedia, beberapa faktor yang menyebabkan jerawat ialah:

  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang hiperaktif
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena garukan
  • Anabolic steroid
  • Pil pengontrol kelahiran/pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
  • Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne

Tips Mengatasi Jerawat
Setelah mengetahui apa itu jerawat dan penyebabnya, maka sekarang sahabat Livi akan diberikan tips mengenai bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan wajah agar dapat menghindari jerawat. Seperti yang dikutip dari www.okezone.com, ada beberapa tip khusus untuk mengatasi jerawat, diantaranya adalah :

1. Rajin mencuci muka
Jerawat timbul karena wajah yang kotor tidak segera dibersihkan. Debu dan kotoran yang melekat pada wajah menjadi alasan utama mengapa wajah menjadi cepat berjerawat. Oleh karena itu, cucilah wajah sebelum tidur dan pada saat merasa wajah tengah kotor. Minimal dua kali dalam satu hari wajah harus dibersihkan.

2. Menjaga makanan
Dengan tidak memakan makanan yang berlemak Anda bisa sedikit terhindarkan dari jerawat yang akan meghiasi wajah. Pilihlah bahan makanan yang rendah kandungan lemaknya. Selain bisa membuat tubuh terlihat lebih lebar, lemak ternyata juga berpengaruh pada kesehatan wajah.

3. Kontrol stres
Bila Anda bisa menyelesaikan masalah tanpa harus mengalami stres yang berkepanjangan, dipercaya hal ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah. Tetapi bila tidak bisa mengontrol stres dengan baik, hal ini bisa menimbulkan jerawat di kulit wajhmu yang lembut.

4. Gunakan masker wajah
Masker wajah punya manfaat yang sangat penting bagi kesehatan wajah. Selain bermanfaat untuk mengencangkan dan peremajaan kulit, masker juga mempunyai manfaat untuk mengatasi jerawat. Jadi mulai sekarang rajin-rajinlah menggunakan masker wajah.

5. Hindari kebiasaan memencet jerawat
Gemas melihat jerawat menghiasi wajah tentunya kerap membuat Anda ingn memencetnya. Padahal yang sebenarnya terjadi, ketika memencet jerawat, hal ini akan menimbulkan noda hitam yang sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu mulai sekarang hindarilah kebiasaan buruk dengan memencet jerawat, karena itu hanya membuat penampilan menjadi berkurang kecantikannya.

Tips Khusus Straight Shortcut

Sahabat Livi, kami juga ingin berbagi tips yang mudah-mudahan bisa dipakai yakni, apabila kamu seorang muslim, maka tentu dengan tidak meninggalkan kewajiban shalat lima waktu merupakan salah satu cara menjaga kebersihan muka, loh kok bisa?apa hubungannya?

Insya Allah bisa, sebab hubungannya adalah ketika kamu ingin melaksanakan shalat waktu tentu kamu wajib berwudhu, dengan melakukan berwudhu kamu sudah mencuci muka selama lima kali sehari, sukur-sukur kalau ditambah dengan shalat sunah lainnya.

Dari Abu Hurairah r.a berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW berkata :
Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat delam keadaan bercahaya dan amat putih bersih tubuhnya dari sebab bekas-bekasnya berwudhu. Maka dari itu, barang siapa yang dapat diantara engkau semua memperpanjang – menambahkan bercahayanya, maka baiklah ia melakukannya dengan menyempurnakan wudhu sesempurna mungkin.

Selain itu jika kamu melaksanakan shalat dengan sungguh-sungguh dan khusyuk, dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa membuat tubuh menjadi rilex dan terhindar dari stress.

"Tegakkan shalat untuk mengingat-Ku."(Qs. Thaha: 14) "Ketahuilah, dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang." (Qs. Ar-Ra'du: 28)

Setidaknya hal senada juga pernah ditulis dalam www.dkm07smansabo.proboards79.com/ dimana petikan artikel tersebut adalah mengenai penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ebrahim Kazim-seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy-menyatakan, “Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strength, joint flexibility and the cardio-vascular reserve.” Gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Terlebih lagi khusus untuk shalat sunah, shalat Dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tapi juga menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari, sesuai dengan keterangan dr. Ebrahim Kazim tentang shalat: “Simultaneously, tension is relieved in the mind due to the spiritual component, assisted by the secretion of enkephalins, endorphins, dynorphins, and others.”

Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini sejenis morfin,termasuk opiate. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat Livi semua(Straight Shortcuts/)

Artikel Terkait



2 comments:

Rancang Bagoes said...

wah boleh juga..
ni yang punya blog sapa ya?ahli perawatan kulit kah?
kalau ya..

konsultasi gratis boleh dunk via e-mail

Lifi Family said...

Pak RANCANG bisa aja..(bener ngga panggilannya?)justru Qta yg mau konsultasi mempercantik kulit Blog ini...

Post a Comment