Wednesday, December 10, 2008

Cara Membuat Readmore/Baca Selanjutnya

Setelah diliat-liat hasil tulisan kita kok terpampang semuanya ya? Kalau ada sembilan artikel yang kita tulis, bisa kayak skripsi nih blog kita, panjang dan kurang enak diliatnya, lalu kalau kita bandingkan sama Blog yang lain kok bisa ada pemenggalan dengan kata-kata Read more, Baca Selanjutnya, Baca Selengkapnya atau ada lagi yang bikin pemenggalannya dengan kata Klik disini untuk lanjutannya serta ada juga yang bikin click here for readmore.

Apapun istilahnya yang penting maksudnya bisa dimengerti yakni, kalau mau baca artikel lebih lanjut maka klik pada tulisan-tulisan tadi.

Lalu bagaimana cara bikinnya?

Setelah searching kesana-kemari, akhirnya kami menemukannya justru tidak jauh, kami menemukannya di tempat banner link pertama kami, sang inspirator kami edittag, tentu para bloggers sudah tidak asing dengan nama tadi, selain sebagai sumber inspirasi, beliau juga sangat berjasa sebagai mak comblang kami, sebab kemunculannya di media telah mengenalkan kami kepada pacar baru kami yang bernama Blogspot ini.

Demikian pembukaan artikel ini, selanjutnya akan kami berikan langkah-langkah membuat pemenggalan kami dengan mengcopy paste kode/tag yang kami peroleh tadi :

Langkah 1 :
Tentu saja Login kemudian klik pada bagian "Layout" di Dashboard, lalu menuju tab Edit HTML dan pilih "Expand widget templates".

Langkah 2 :
Cari kata "post-header-line"

Langkah 3 :
Tambahkan kode berikut (huruf yang Tebal) sesuai posisi berikut :


<div class='post-header-line-1'/>

<div class='post-body'>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>


<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>


<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>


Catatan : kata-kata ”Readmore......” bisa kamu ganti sesuka hati contoh ”Baca Selanjutnya” atau apapun yang menurut kamu oke dan kamipun pernah juga lihat yang menggunakan bahasa daerah masing-masing.


Langkah 4 :
Masih di dashboard, klik Settings, menuju ke Formatting dan perhatikan bagian paling bawah yang menunjukkan "Post template", lalu isikan kode berikut disana.


Type your summary here
<span class="fullpost">
Type rest of the post here
</span>


Kode diatas digunakan hanya sebagai pembantu agar setiap kali kita membuat entri baru, maka di editor (coba lihat gambar di samping ini) kita akan ada semacam template agar lebih memudahkan pemenggalan entri.



  • Langkah 5 :
    Seharusnya sudah selesai namun alangkah baiknya jika kamu baca keterangan berikut ini untuk bisa lebih mengerti lagi :

    Bentuk pada gambar diatas akan muncul pada saat kita ingin membuat artikel dengan memilih mode tab “Edit HTML” dan bukan pada tab “Tulis”

    Tulisan “Type your summary here” yang pertama artinya adalah pada saat nanti kamu bikin artikel, kamu tulis bagian awal pemenggalan tepat pada tulisan "Type your summary here" dan tulisan kamu tadi akan muncul sebelum kata-kata “readmore…..” sedangkan tulisan “Type your summary here” yang kedua artinya adalah pemenggalan artikel kedua ini akan terlihat setelah pembaca melakukan klik pada tulisan “readmore….”

    Contoh Menulis :

    Ini Adalah artikel contoh yang bagus dan seterusnya
    <span class="fullpost">
    Artikel Contoh ini telah berakhir
    </span>

    Maka hasilnya setelah kita terbitkan akan menjadi seperti ini :

    Ini Adalah artikel contoh yang bagus dan seterusnya
    Readmore.....

    Dan setelah ”Readmore.....” di klik hasilnya akan menjadi seperti ini :

    Ini Adalah artikel contoh yang bagus dan seterusnya
    Artikel Contoh ini telah berakhir


    Selamat mencoba semoga bermanfaat
    www.alifiarahmany.blogspot.com

    Artikel Terkait



    4 comments:

    RIO2000 said...

    kalo saya sukanya model peek a boo...tapi ga saya pasang di blog saya :D
    soalnya saya sendiri sukanya nulis artikel yg pendek2 saja :D

    "budhe Fakhrun Musriati" said...

    Wah... budhe dah nyoba bolak balik gagal mulu nich... gimana dhonk.. hasil tulisannya jadi ga' nampak gitu .Tapi..makasih banget tutornya budhe akan terus mencoba mungkin ada yang kelewat yach..

    "budhe Fakhrun Musriati" said...

    Horay... budhe dah berhasil tuh..sepenuh terima kasih budhe haturkan..hihi.. seneng banget nich.. dan untuk blog satunya masih mencoba terus berulang sekarang belum berhasil napa yak.. apa karena templatenya beda..ah..poko'e sekarang lagi girang dech.. makasih yach..

    Deri said...

    akhirnya berhasil juga, sip........ berkarya terus prennnnnn

    Post a Comment